Advertisement

Friday, July 13, 2012

Freelance di oDesk.com



Sebelum di oDesk, saya sering mengikuti contes di 99designs dan crowdspring. Setidaknya ada referensi pernah memenangi kontest, ternyata bisa juga menjadi modal untuk mendapatkan job di oDesk. Caranya, saat anda melamar pekerjaan tersebut, Anda bisa cerita klo anda juga pernah memenangkan kontes di ......blablabla..., Dan jangan lupa berikan portofolio / contoh design atau aplikasi program sebaik mungkin. Karena hal ini sangat menentukan, apakah employer akan tertarik pada pekerjan kita apa ga!

Oya, mungkin bagi sebagaian orang, site oDesk.com cukup asing. Tapi tidak bagi para pencari freelance di dunia online. Disini bayarannya sangat kecil, untuk saya yang masih pemula. Setidaknya begitu ikut di oDesk, dan mencoba melengkapi criteria personal sebagai pencari kerja di oDesk. Akhirnya, hanya nunggu 2hari penawaran saya ada yang nerima juga. Kecil sih.., ga sampai $10..., tapi melalui penawaran lebih lanjut akhirnya naik jadi $25. Lumayan lah buat tambah-tambah uang jajan. Dan memang kalo dibandingkan main di 99designs.., nominal segitu sangat kecil sekali!!! Tapi klo kita seminggu bisa dapet 2-3 job kan udah lumayan, dan yang terpenting kita serius kerja online dan enjoy aja bisa kerja langsung sama orang bule.

BTW, di oDesk untuk pembayaran juga menyediakan PAYPAL (kena charge $1), klo ga punya PAYPAL ada layanan untuk withdraw langsung ke rekening lokal Indonesia. Pakainya "Wire Transfer" charge sekali withdraw $3,99.

Kurasa ini cerita saya pertama kali dapet dolar di oDesk, sementara tips untuk dapet job adalah : lengkapi profil Anda agar rate di profil Anda naik, lengkapi identity verificatioin (ini tentang scan KTP dan scan buku tabungan Anda), lalu ikut test oDesk Readiness (Entar klo inget saya kasih jawabannya, karena test yang satu ini soalnya hanya 11, tapi soalnya sama hanya dibolak-balik aja.), terus ikut test skill (ini free, ambil test sesuai dengan bidang yang anda benar-benar ahli).

Sekian, semoga bermanfaat.

2 comments:

Galih said...

sharing pengalamannya mas..
saya selalu mentok dalam pengisian profil, saya masih bingung bagaimana cara membuat profil yang bisa menjual.
apakah mas ada saran?

Regards,

RANDY said...

Lengkapi Profil seperti biasa Mas Galih. Seperti category keahlian kita, lengkapi skill sesuai dengan keahlian Anda, Education (dimana kita pernah sekolah), Portofolio Project (bisa upload hasil project, yang pernah Mas Galih buat), Certificatioin (Entah itu certification product atau Profesi). Klo sudah Ambil Test "oDesk Readiness Test" ini juga penting, seberapa paham kita tentang operasional oDesk. Kalo sudha yang terakhir, ambil free skills Test, paling ga 1 aja cukup.
Kalo diatas udah dilakukan semua, paling ga rate "Profile Completeness" kita udah 90%.
Sekian, Mas Galih. Semoga membantu.

Oya download juga oDesk team Aplication untuk job yang per hourly (menurut waktu). Kalo yang fixed Price, kadang employer minta komunikasi menggunakan Sykpe.

^_^

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powered by Blogger